logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

YBM PLN UIW Kalbar Membantu Melunasi Biaya Persalinan Gharimin

Pontianak, Selasa(20/01), Yayasan Baitul Maal PLN UIW Kalbar pada hari Jum’at (17/1) melaksanakan, penyaluran dalam melunasi biaya rumah sakit (Gharimin). Dewi (28tahun) dengan alamat Jl. Beting Permai,Kelurahan dalam Bugis,Kec. Pontianak Timur, pada Sabtu tanggal 11 januari 2020 melahirkan dengan Normal di salah satu rumah sakit di Kota Pontianak dengan anak berjenis kelamin laki-laki, dengan kondisi kurang sehat anak yang baru di lahirkan langsung di tempatkan di Inkubator dengan berat 2,3 kg.

Di saat melahirkan pasangan suami istri bapak Usman (40 tahun) dan ibu Dewi, anaknya sempat di tinggal di rumah sakit, karena biaya yang besar, di sebabkan tidak adanya BPJS untuk melunasinya, dengan sekitaran biaya waktu itu persalinan dan obat berjumlah Rp. 6.000.000,-, jumah yang sangat besar bagi keluarga bapak Usman karena penghasilan beliau hanya buruh untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari. Selama kurang lebih 1 minggu di rumah sakit dengan tidak adanya BPJS maka biaya itu bengkak menjadi kurang lebih Rp. 8.000.000,-, informasi terkait bayi yang tidak bisa di ambil oleh orang tua nya di sampaikan oleh salah satu pegawai PLN kepada pengurus YBM PLN UIW Kalbar, setelah proses survey dan dinyatakan layak dibantu, YBM PLN UIW KALBAR memberikan bantuan pelunasan biaya persalinan dan obat selama dirumah sakit.

Usman panggilan akrab dari suami Bu Dewi menemani selama persalinan mengatakan “selama ibu dewi mengandung jarang mengontrol kesehatan janin bahkan makan yang bergizi juga susah karena kesulitan ekonomi” anak yang baru di lahirkan ini adalah anak ke 2. Dewi menambahkan “terima kasih banyak kepada bapak/ibu pegwai yang telah melunasi pembiayaan rumah sakit, semoga bapak/ibu yang membantu kami sekeluarga di permudah rezekinya” ucap ibu dewi disela menggendong anaknya.

Pengambilan serta pembayaran di temani oleh bapak Rishan selaku Pengurus YBM PLN UIW Kalbar bagian Pemberdayaan di rumah sakit di saksikan oleh pihak rumah sakit dan orang tua bayi tersebut. Dana program ini merupakan dana zakat para pegawai Muslim PLN yang setiap bulannya dengan ikhlas dipotong penghasilannya sebesar 2,5%. Semoga dengan semua bantuan tersebut dapat menjadi berkah bagi para muzaki (orang yang berzakat) dan juga segenap keluarga besar PLN.

Share:


Share to Facebook
Tags: