logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

YBM PLN Launching Motor Ambulance di Pedalaman Ketapang Kalimantan Barat

KETAPANG, Sabtu (25/1) Bertempat di desa Sukakarya Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat bertepatan dengan hari gizi dan makanan, Yayasan Baitul Maal PLN melakukan launching motor ambulance. Motor ambulance ini adalah salah satu fasilitas yang diberikan pada program bidan pedalaman YBM PLN. 

Motor ambulance ini diberikan kepada bidan-bidan di daerah pedalaman/pelosok. Hingga saat ini motor ambulance sudah tersebar di 7 titik yaitu Aceh sebanyak 1 titik, Banten 2 titik, Bogor 1 titik, Kalimantan Bararat 3 titik. Motor juga ini dilengkapi dengan bidan kit yang bisa setiap saat dipakai oleh bidan dalam melayani kesehatan para warga. 

Kegiatan launching motor ambulance ini dihadiri oleh beberapa pihak seperti Bupati kabupaten Ketapang yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekbangdankesra, Drs. H. Marwannor,MM beserta rombongan para kepala SKPD Kab. Ketapang, GM PLN UIW Kalbar dalam hal ini di Wakili Senior Manager SDM dan Umum Arkham , dan juga Ketua YBM UIW Kalbar Andang, Manager Pemberdayaan dan Pendistribusian YBM PLN Pusat Suryanto, Camat Marau Ungai SIP, Ketua Baznas Ketapang H. Sudi, 

“Program Bidan Pedalaman ini adalah salah satu program unggulan YBM PLN pada pilar Kesehatan. Harapan kami dengan program bantuan motor ambulan untuk para bidan pedalaman dapat meringankan bidan dalam menjalankan tugasnya untuk membantu masyarakat dhuafa. Kenapa YBM PLN dalam memilih lokasi program di Pedalaman atau di wilayah terpencil? Karena kami menyadari daerah2 tersebut sangat jauh dari pusat kesehatan pemerintah, sehingga penilaian kami dengan adanya Program ini kebutuhan layanan kesehatan akan semakin mudah di dapatkan oleh masyarakat dhuafa.” Ujar Suryanto

Selain launching motor ambulance ada juga kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bekerjasama dengan Puskesmas kecamatan Marau Ketapang. Sekitar 200 warga mendapatkan pengobatan gratis dan pengecekan kesehatan yang meliputi cek gula darah, kolesterol dan asam urat. 

Dalam acara ini YBM PLN juga memberikan bantuan dakwah kepada masjid setempat dan pemberian kompor induksi untuk desa.

Dalam sambutannya Asisten II Bidang EKbangdankesra Drs. H. Marwannor, MM mengungkapkan “Kegiatan ini kami sambut baik karena kesehatan bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi butuh koordinasi Lintas sektor supaya berjalan dengan baik. Terima kasih atas Kerjasama YBM PLN untuk terlaksananya kegiatan ini dan semoga dapat berjalan bukan hanya puskesmas Marau tapi puskesmas lainnya di Ketapang”

Dana program ini sepenuhnya merupakan dana zakat para pegawai Muslim PLN yang setiap bulannya dengan ikhlas dipotong penghasilannya sebesar 2,5%. Semoga dengan semua bantuan tersebut dapat menjadi berkah bagi para muzaki (orang yang berzakat) dan juga segenap keluarga besar PLN.

Share:


Share to Facebook
Tags: