logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

YBM PLN Lakukan Pelatihan Teknisi AC Batch 5 di Cisoka Serang

SERANG, Senin(10/2) Yayasan Baitul Maal PLN kembali melakukan pelatihan teknisi air conditioning (AC) batch 5 di Cisoka, Serang. Setelah sebelumnya sudah dilakukan pelatihan teknisi sebanyak 4 angkatan yaitu di daerah Ciputat, Karawang, Bekasi dan juga Cinere. Peserta yang hadir pada pelatihan ini adalah mereka-mereka yang sudah diseleksi dan sesuai dengan asnaf penerima zakat. Jumat lalu, 7 Februari 2020 sudah dilakukan seleksi dari 110 pendaftar menjadi 30 orang.

Pelatihan teknisi AC ini adalah kolaborasi antara YBM PLN dengan Master AC. Master AC sendiri adalah komunitas yang bergerak dibidang pelatihan keahlian AC yang berdiri sejak tahun 2014. Hadir dalam pembukaan pelatihan teknisi AC batch 5, yaitu general manager PLN UID Banten sekaligus pembina YBM PLN Doddy Pangaribuan, Manager UP3 Cikupa Aep Saepudin, Ketua YBM PLN UID Banten Jajang, dan juga direktur master AC Mustaji'in. 

Dalam sambutannya  Mustaji'in mengungkapkan "Ini adalah pelatihan yang kelima, in syaa Allah ada 150 peserta yang sudah ikut. Tingkat keaktifan nya beragam, di Ciputat ada 3 orang peserta yang tidak aktif, karawang 100% aktif, bekasi 80% aktif dan Cinere 100% aktif. Saya berharap semoga dipelatihan ini juga minimal 80% peserta aktif. Hal yang paling penting adalah, saya meminta agar teman-teman menerima dengan ikhlas apa yang sudah Allah berikan, sama-sama menjalankan amanah. Saya sebagai pelaksana diamanahkan oleh YBM PLN untuk menjalankan pelatihan ini secara baik, dan kalian sebagai peserta harus menjalani pelatihan ini dengan amanah. Jadi nanti ketika sudah berjalan kita tahu mana wilayah sosial, bisnis dan sedekah. Ketika nanti selesai pelatihan, teman-teman akan ada kegiatan baksos dimana membersihkan AC-AC masjid di wilayah Banten dan disinilah peran teman-teman dalam berbagi yaitu membersihkan AC Masjid tanpa dibayar".

"Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN adalah sebuah lembaga yang mengelola dana zakat para karyawan PLN muslim seluruh Indonesia yang setiap bulannya sudah dipotong 2,5%. Kegiatan YBM PLN ini banyak dan salah satunya adalah pelatihan teknisi AC ini yang berada di pilar ekonomi karna tujuan YBM PLN adalah mengubah mustahik menjadi muzakki. Perjuangan teman-teman semua ini adalah setelah lulus, karena bagaimana nantinya pelatihan ini dapat memberikan penghasilan bagi teman-teman semua. Saya berharap agar para peserta hadir full 10 hari pelatihan ini agar mendapatkan ilmu dengan sebaik-baiknya. Allah akan memberikan rezeki kepada orang yang lebih rajin, lebih giat dalam bekerja dan tidak lupa dengan bersedekah. Karena kata Allah sedikit apapun kita memberi, maka Allah akan ganti berkali-kali lipat. Allah tidak akan mengubah suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya. Jadi selamat mengikuti pelatihan selama 10 hari, serap semua ilmu yang diberikan oleh para pemateri dengan baik dan aktiflah dalam pelatihan ini. Semoga setelag lulus teman-teman bisa menjadi teknisi sekaligus pengusaha, jadilah teknisi yang jujur, tekun, amanah dan professional." ujar Doddy Pangaribuan. 

Pelatihan ini akan dilakukan selama 10 hari dimana para peserta tidak hanya diajarkan teori saja mengenai service AC atau elektronik lainnya tapi juga ada praktek langsung. Diluar untuk mengikuti pelatihan seperti ini setiap peserta bisa mengeluarkan dana 6 hingga 8 juta. Dan dipelatihan ini semua peserta gratis mengikuti nya dan mendapatkan alat-alat untuk service AC yang diberikan kepada 4 kelompok. Total dana yang dikeluarkan untuk setiap batch nya adalah sebesar 65 juta rupiah.

Dana program ini merupakan dana zakat para pegawai Muslim PLN yang setiap bulannya dengan ikhlas dipotong penghasilannya sebesar 2,5%. Semoga dengan semua bantuan tersebut dapat menjadi berkah bagi para muzaki (orang yang berzakat) dan juga segenap keluarga besar PLN.

Share:


Share to Facebook
Tags: