logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

YBM PLN Adakan Pelatihan Service AC Untuk Kemandirian Dhuafa

Tanggerang (30/9) YBM PLN Bersama Master Ac memberikan pelatihan teknisi Air conditioning (AC) untuk 30 peserta. Pelatihan ini merupakan program pemberdayaan ekonomi untuk membantu masyarakat dalam bentuk skill dan bantuan modal peralatan service. Dalam sambutannya Bapak Ace Hanif selaku Ketua YBM PLN Up3 Ciputat menjelaskan bahwa pelatihan ini untuk mewujudkan visi YBM PLN yaitu Merubah Mustahik menjadi Muzaki.

Acara yang digelar di ruang serbaguna PT PLN (Persero) UP3 Ciputat ini akan berlangsung selama 10 hari dimulai 30 September sampai 9 Oktober. “Pasca pelatihan alumni akan masuk kedalam komunitas di setiap regional, dalam komunitas tersebut para peserta akan saling bertukar informasi, ilmu, dan saling membantu dalam menjalankan bisnis ini” tutur Mustajiin selaku Direktur utama Master AC Group. Program pelatihan ini akan diselenggarakan di 3 (tiga) tempat lainnya yaitu Bekasi, Karawang, dan Depok.

Herry Hasanuddin, Ketua III Bid Koordinasi Kerjasama Strategis menuturkan bahwa program ini diharapkan mampu mencetak wirausahawan-wirausahawan baru di bidang service ac, bila perlu teman-teman berbagi ilmu agar lebih bermanfaat, selain itu teman teman akan tergabung di komunitas maka maksimalkan untuk terus mendapatkan ilmu-ilmu baru disitulah pembinaan dilakukan”.

Pemilihan lokasi berada di Jabodetabek, karena menurut data BPS konsumen Ac terbesar di Indonesia terbesar di wilayah Jabodetabek dan tingkat pengangguran yang masih tinggi. Menurut keterangan pers kementerian ketenaga kerjaan (Kemenaker) mengungkapkan, semakin banyaknya masyarakat Indonesia memiliki AC, diperkirakan pada 2019 ada 20 juta unit AC residensial terpasang di rumah tangga. Kebutuhan peralatan pendingin akan semakin meningkat di masa depan, yang menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan teknisi AC untuk perawatan unit AC. Sedangkan baru sekitar 1500 orang teknisi terdaftar. Maka itu YBM PLN mengajak Master Ac untuk membuat pelatihan khususnya keahlian teknisi Ac.

Acara pelatihan ini dibuka oleh Manager PT PLN (Persero) Up3 Ciputat Bapak Sigit Arimurti, dalam sambutannya ia menuturkan “kunci bisnis adalah kepercayaan dan melayani sepenuh hati terhadap pelanggan sehingga pelanggan tersebut bisa menjadi pelanggan setia kepada rekan-rekan semua”. Salah satu penerima manfaat Bapak Ubadah menuturkan saya sangat berterimakasih sekali dengan adanya program ini, saya berharap bisa memperaktekan langsung, sehingga saya bisa menafkahi istri dan ke 6 (enam) anak saya lewat wirausaha Ac yang akan saya jalankan”.

Selain program pelatihan keahlian service ac, YBM PLN dalam program rumah cahaya kreatif memiliki program pemberdayaan ekonomi berbasis skil yang lain diantaranya, Intensive Programming, internet marketing, menjahit, meubeler dan memasak. Harapannya dengan program-program seperti ini bisa mengentaskan pengangguran dan membuka peluang usaha maupun skill yang mumpuni dalam bekerja untuk para mustahik. Bismillah

Share:


Share to Facebook
Tags: