logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat dengan Budidaya Kopi Liberika Meranti

Kepulauan Meranti adalah salah satu kabupaten di provinsi Riau, dengan ibu kotanya adalah Selatpanjang. Di tanah sumatera, tepatnya di salah satu pulau di kabupaten meranti terdapat kopi unik yang tak kalah dari kopi-kopi yang ada di Indonesia.

Liberika Meranti demikian nama kopi unik yang ada di Desa Kedaburapat, Pulau Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Disebut unik karena kopi liberika Meranti memiliki beberapa ciri khas khusus seperti buah kopinya memiliki ukuran yang lebih besar daripada buah kopi arabika maupun robusta. Kopi liberika juga memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada jenis kopi lainnya serta aman untuk lambung.

Satu keunikan kopi yang hampir tidak ada di jenis kopi lain adalah kemampuannya  tumbuh di  tanah gambut yang sangat sulit ditanami. Namun, justru di Desa Kedaburapat yang  tanahnya ber gambut itulah, kopi unik tersebut berhasil dibudidayakan. Tak salah kalau kemudian Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Kedaburapat terus berinovasi untuk mengembangkan penanaman kopi Liberika Meranti ini.

Melihat hal ini YBM PLN sebagai salah satu Lembaga amil zakat melaui pilar ekonomi akan membuat program pemberdayaan bagi para masyarakat di desa Sokop yang berada di pulau Rangsang kepulauan Meranti, Riau dengan membudidayakan kopi liberika meranti ini. Ada sekitar 4 hektar lahan yang akan ditanamkan bibit kopi liberika yang akan di garap oleh warga di desa Sokop ini.

“Semoga program pemberdayaan ekonomi berupa budidaya kopi liberika meranti ini dapat membantu meningkatkan perekonomian warga desa Sokop untuk jangka waktu yang Panjang, karena pohon kopi bisa hidup 30 sampai 50 tahun” Ujar Riki selaku Manajer Pemberdayaan dan Pendistribusian YBM PLN.

Share:


Share to Facebook
Tags: