logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

Ternak Bebek Untuk Makan Para Santri

Siapa sangka di kaki gunung Haruman ada sebuah Panti Asuhan yang begitu kreatif. Panti tersebut adalah Panti Asuhan Ruhul Diini (RD) Haruman Center, asuhan Ustadz Toni Koswara, S. Pd.I yang saat ini sedang merintis Ternak Bebek Petelur dengan jumlah bebek sekitar 400 ekor. Dan 300 ekornya adalah bantuan dari YBM PLN UID Jawa Barat melalui YBM PLN UP3 Garut. Bantuan tersebut diberikan Jumat, 18 Oktober 2019 yang lalu dengan besar nominal bantuan Rp 35,5 Juta.

Dalam pengelolaan Ternak Bebek Petelur ini, Ustadz Toni melibatkan santri Panti Asuhannya. "Alhamdulillah setiap hari Bebek Petelur yang kami ternak ini mampu menghasilkan 290 s.d 300 butir telur. Hasil tersebut kami jual kepada pengepul dengan harga Rp 1.600 per butir." Jelas Ustadz Toni Koswara ketika dikunjungi langsung dikediamannya di Kp. Pojok RT. 003 RW. 007 Desa Cikembulan Kec. Kadungora Kab. Garut.

Saat ini, Ustadz Toni membina sekitar 175 santri di Panti Asuhannya. Untuk meningkatkan pendapatannya, Ustadz Toni dan para santrinya mulai merintis memproduksi Telur Asin Batik. Namun produksi Telur Asin Batik ini belum banyak, diproduksi sesuai pesanan saja.

Selain itu, Ustadz Toni pun berharap mendapat bantuan untuk meningkatkan produksi telur bebeknya. Beliau mengungkapkan bahwa agar penjualan Telur bebek mentah dan Telur Asin Batik stabil maka volume bebek petelur harus ditambah sekitar 600 ekor lagi.

Untuk membatik Telur Asinnya Ustadz Toni melibatkan santri di Panti Asuhannya. Adapun motif batiknya diserahkan kepada santrinya untuk berkreasi. "Saya berharap kedepannya Telur Asin Batik Produksi Panti Asuhannya menjadi ICON Kuliner Kab. Garut," tangkasnya.

Ustadz Toni juga mempunyai visi dan misi yang luar biasa, beliau ingin membuat sekolah full gratis untuk seluruh santrinya. Beliau berharap rintisan Ternak Bebek Petelur ini dapat menopang kebutuhan sehari-hari para santri di Panti Asuhannya. Saat ini keuntungan dari penjualan telur bebek digunakan untuk membeli pakan bebek dan memenuhi kebutuhan pangan para santrinya.

Share:


Share to Facebook
Tags: