logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

Sosok di Balik Pojok Gizi dan Menu-Menu PMT SFT Berbagi Gizi Balita

Salah satu permasalahan gizi yang menjadi perhatian dan menjadi prioritas untuk segera ditangani pemerintah saat ini adalah masalah Stunting pada Anak. Hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) pada tahun 2019 bahkan menunjukkan bahwa prevalensi stunting mencapai 27,67 persen. Artinya, setiap 10 anak Indonesia, ada 3 orang di antaranya yang mengalami stunting.

Stunting terjadi karena kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kemiskinan dan pola asuh tidak tepat, yang mengakibatkan kemampuan kognitif tidak berkembang maksimal, mudah sakit dan berdaya saing rendah, sehingga bisa terjebak dalam kemiskinan. Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) secara aktif turut serta dalam upaya menurunkan stunting di daerah yang menjadi Lokus Stunting.

YBM PLN tergerak untuk menjalankan sebuah kegiatan peningkatan pelayanan gizi masyarakat. Melalui kegiatan Solidarity Food Truck Berbagi Gizi Pada Anak yang disertai dengan pelayanan Pojok Gizi. Pojok Gizi merupakan salah satu dari rangkaian Kegiatan Solidarity Food Truck (SFD) Berbagi Gizi Pada Anak.

Pojok Gizi merupakan pelayanan gizi profesional yang diberikan kepada masyarakat dalam hal ini kepada sasaran ibu balita maupun ibu pengasuh diwilayah yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan. Pada pelaksanaanya, pojok gizi dilaksanakan oleh tenaga gizi yang terlatih dan terdidik untuk memberikan pemahaman kepada sasaran penerima manfaat terkait masalah stunting dan masalah gizi lainnya, terkait konsep makanan gizi seimbang, pengetahuan tentang Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) yang benar dan tepat.

Ada sosok dibalik pojok gizi dan pembuatan menu PMT untuk para balita di SFT Berbagi Gizi Balita, dia adalah seorang pria kelahiran Bulukumba 27 tahun yang lalu yaitu Ilham Rusting atau yang sering dipanggil Ilham. Ilham adalah lulusan D3 Gizi ini sudah memiliki pengalaman yang banyak dibidang per gizian. Sejak 2013 hingga 2020 Ilham sudah melalangbuana ke berbagai daerah pelosok Indonesia, mulai dari Maluku Utara, Halmahera Utara, Sikakap Mentawai, Sanggau Kalimantan Barat, dan yang terbaru di Bulukumba Sulawesi Selatan. Pria yang selalu mempromosikan manfaat dan kandungan nutrisi daun kelor di setiap kali SFT berbagi gizi balita kepada para ibu-ibu.

Share:


Share to Facebook
Tags: