logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

Pengabdian Astried Si Bidan Pedalaman YBM PLN

Bidan Pedalaman adalah program peduli kesehatan dengan menempatkan seorang bidan yang mempunyai peran sebagai agen kesehatan untuk masyarakat khususnya yang berada di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar). Bidan tersebut ditugaskan selama 1 tahun. Setelah itu masyarakat diharapkan sudah dapat menerapkan secara apa yang sudah diajarkan oleh Bidan.

Adalah Astried Mulyani, seorang bidan yang baru berusia 23 tahun namun mempunyai semangat mengabdikan diri untuk masyarakat. Bidan asal Tasikmalaya Jawa Barat ini rela ditempatkan di daerah pedalaman yaitu di desa Tanjung Bunga, kecamatan Kembayan, kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Di Desa itulah Ia bertugas memberikan edukasi tentang Pola Hidup Baik dan Sehat (PHBS), memberikan pelayanan kebidanan untuk ibu hamil dan melahirkan, serta memberdayakan masyarakat untuk bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam juga sumber daya manusia yang berada di daerah tersebut.

Untuk menjalankan tugas itu semua, Ia sudah dibekali ilmu dan pengetahuan tentang kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang cukup, fasilitas motor kesehatan dan rumah bidan yang representatif untuk melayani juga mengedukasi masyarakat dalam hal kesehatan dan pemberdayaan.

Desa ini berjarak 200 KM lebih dari kota Pontianak Kalimantan Barat. Untuk mencapai desa tersebut dibutuhkan waktu tempuh paling cepat 5 jam melalui jalur darat. Medan yang dilalui tergolong ekstrim karena hanya bisa dilalui dengan menggunakan mobil atau motor khusus medan berat. Jalanan menuju desa mempunyai kontur naik turun dan sangat berlumpur karena tidak beraspal.

Karena kondisi itulah, warga kurang mendapatkan perhatian terkait kesehatan. Untuk berobat ke Puskesmas, warga harus ke Kecamatan yang jaraknya lebih dari 30 KM dengan medan yang terjadi dan berlumpur.

Share:


Share to Facebook
Tags: