logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Petani Tengah Alas Sumbermiri

Nganjuk, Rabu (16/09), "Alfallaahu sayyidul bilaadi wa maalikuhu al-haqiiq" PETANI, TUAN DAN PEMILIK SEJATI SEBUAH NEGARA.

Kalimat diatas adalah sebuah pepatah bahasa Arab, menunjukkan betapa pentingnya peran petani di sebuah negara. Pepatah Arab lainnya, "Al fallahu maliku ad-dunya", Petani adalah raja dunia.

YBM PLN UP3 Mojokerto bersinergi dengan mas Arif Sinyo, praktisi pertanian dan peternakan berasal dari Jombang. Beliau mendampingi para petani dengan menggunakan pupuk organik.

Beliau mendampingi petani di beberapa daerah, mulai dari rapahombo, Jombang sampai Lamongan. Beliau mendampinginya agar mereka merdeka dari kebutuhan pupuk kimiawi dan memanfaatkan pupuk organik olahannya sendiri.

Back to basic, organic fertilizer. Kembali ke alam, memanfaat bahan dari alam sekitar untuk menyuburkan tanah yang lama mengalami ketergantungan kimiawi.

Bahan pupuk organik berasal dari kotoran sapi, pupuk cair yang diolah sendiri dari bahan bongkahan pisang, air, bekatul dan tetes di frementasi selama 14 hari.

Harapan dan doanya, para petani tengah alas Sumbermiri bisa merdeka dari pupuk kimia secara bertahap. Sehingga, hasil pertaniannya bisa meningkat dan berkah buat keluarganya. Barokallah Lana wa lakum jami'an.

Share:


Share to Facebook
Tags: