logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

Pa Ubun Pejuang Dakwah Dari Tanah Pasundan

Rumah yang berada di pinggir jalan dan bersampingan langsung dengan pemakaman itu tidak terlalu layak huni. Namun pemiliknya lebih memilih untuk membangun sebuah madrasah untuk anak-anak mengaji dibandingkan merenovasi rumahnya.

“Kami ga tega neng kalau ngeliat anak-anak ngaji buat ngehafal Qur’an ga ada tempat ngajinya. Harus penuh-penuhan. Alhamdulillah Allah kasih rezeki lebih untuk kami. Akhirnya si Bapak bangun madrasah itu dengan tangannya sendiri,” Ujar Ibu Ai.

Sepasang suami istri ini yaitu Pa Ubun 53 tahun dan Ibu Ai 46 tahun sudah lima tahun tinggal di Jl. Situ Sipatahunan RT 03 RW 05 Desa Baleendah Kec. Baleendah Kab. Bandung. Sebelumnya mereka tinggal di Subang. Pa Ubun hanyalah seorang pengasah pisau yang setiap hari jalan dari rumahnya ke kota Bandung untuk mengasah pisau. Penghasilan yang didapat sehari hanya 30ribu – 50ribu saja, bahkan lebih sering tidak mendapatkan penghasilan karena untuk satu pisau hanya dikenakan seribu rupiah.

Alhamdulillah sejak Januari 2019 hingga Agustus 2021 Pa Ubun mendapatkan bantuan modal usaha dengan total sebesar 9,7 juta dari YBM PLN. Modal usaha itu dibuatkan berupa warung kecil-kecilan di rumahnya. Hingga saat ini omzet warung setiap hari mencapai 1 hingga 1,2 juta rupiah. Dari hasil itu pa Ubun dan bu Ai setiap bulannya menginfaqan keuntungannya 500ribu rupiah untuk gaji para guru-guru di MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) dan TK Muhammad Al Fatih dekat rumahnya.

Setidaknya dari modal usaha 9,7 juta yang diberikan diawal hingga saat ini setiap bulannya uang yang berputar mencapai 30 juta rupiah. “Kami ga menyangka si pak bu, omzet yang kita dapat setiap harinya diatas rata-rata, padahal disamping kanan kiri dan depan warung kami ada warung juga,” ujar pa Ubun.

Selain menginfaqan keuntungan dari warungnya ke gaji para guru, Pa Ubun dan Bu Ai juga peduli terhadap anak-anak yatim dan dhuafa dekat rumahnya. Karena mereka suka berbagi juga kepada mereka.

Share:


Share to Facebook
Tags: