logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

Mie Sayur Sehat BergIZI Bersama YBM PLN P3BS Dhuafa Produktif

Bu Yusnaini tinggal di Perum. Kencana Villa Kencana, jalan Cipta Karya, Kelurahan Sidomulyo Barat Kec. Tampan. Saat ini Bu Yusnaini bekerja menjual kue (cemilan-cemilan), biasanya berjualan di sekolah. Penghasilan yang biasa didapatkan Bu Yusnaini selama satu bulan sebanyak Rp. 500.000. Tentu tidak cukup untuk membiayai kebutuhan keluarga.

Bu Yusnaini mempunyai anak 4 orang. Anak pertama kuliah di Jogja dengan biaya kuliah didapatkan dari beasiswa, anak kedua sekolah di Okura (Pesantren) kelas 2 SMP, yang ketiga tidak sekolah dan anak yang terakhir sudah masuk TK. Pekerjaan suami (Taslim) saat ini berjualan keliling (mewarnai di atas stairofom) pulang ke Pekanbaru hanya sekali dalam satu minggu.

Pendapatan Bu Yusnaini dan suami masih kurang cukup untuk membiayai kebutuhan sekolah anak, sehingga ada anak yang saat ini harus putus sekolah. Kondisi ini membuat ibu Yusnaini harus memiliki usaha tambahan. Situasi saat ini (Pandemi Covid19) membuat ibu Yusnaini lebih kreatif dalam usaha cemilannya disebabkan sekolah tutup.

Adapun cemilan yang di kembangkan ibu Yusnaini salah satunya ialah Mie Sayur Sehat dan bergizi tentunya tanpa pengawet. Mie sayur sehat merupakan olahan sendiri dengan dari varian sayur berupa Sawi, Ubi Ungu, Wortel, Buah Naga. Selain itu keunggulan dari mie sayur sehat ini ialah mengandung zat probiotik yang dapat membantu pencernaan.

Proses pembuatan mie sehat menggunakan mesin Ampia listrik. Mesin Ampia listrik didapat dari bantuan YBM PT PLN (PERSERO) UNIT INDUK P3B SUMATERA dalam program Ekonomi Dhuafa Produktif bekerjasama dengan Lembaga Zakat IZI (Inisiatif Zakat Indonesia).

Cemilan mie sayur sehat dan bergizi menjadi solusi baik untuk para penggemar mie instan, mie sayur sehat dapat diolah menjadi mie goreng maupun mie rebus. Harga mie sayur sehat mulai dari Rp. 10.000 per pcs. Usaha mie sayur sehat diproduksi setiap harinya oleh ibu Yusnaini sebanyak 10-15 pcs atau dengan adonan 4-5 kg tepung. Adanya produksi Mie sayur sehat ini membantu sedikit banyaknya pendapatan bu Yusnaini.

Share:


Share to Facebook
Tags: