logo

Copyright ©2016 YBM PLN

Detail Rubrik

Dari Pesantren Menuju Pemberdayaan Ekonomi Ummat

Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN menyerahkan bantuan kepada Ma'had Tahfidzul Qur'an Darul Iman Nahdlatul Wathan, Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayaturrahman 2, Dusun Bentek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Senin (2/4/2018), bantuan diserahkan oleh Ketua YBM PLN Wilayah NTB, M. Andy Adchaminoerdin kepada Direktur Green House Hidroponik, H. Hasan, dengan disaksikan oleh Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, M.H. dan General Manager PLN Wilayah NTB, Mukhtar.

Bantuan yang diberikan senilai Rp 50.000.000,- untuk mendukung pembangunan Green House program tanam hidroponik. General Manager PLN Wilayah NTB, Mukhtar mengatakan “Bantuan ini berasal dari pegawai PLN, khususnya pegawai muslim, jadi penghasilan pegawai secara otomatis dipotong setiap bulan sebesar 2,5 persen, uangnya dikumpulkan oleh YBM PLN dan disalurkan kepada pihak yang membutuhkan, khususnya untuk pemberdayaan masyarakat.”

Sementara Bupati Lombok Utara, Dr. H. Najmul Akhyar, M H. mengungkapkan “Kami berterima kasih kepada YBM PLN, bantuannya sangat berguna untuk pengembangan Pondok Pesantren ini, terutama dalam pengembangan Green House. Program Green House ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sayur untuk para santri, jumlah santri bertambah, biaya untuk makan pasti bertambah. Green house ini juga dapat menjadi media edukasi”, ujarnya.

Media tanam di green house Ponpes Darul Iman ini menggunakan metode hidroponik, yaitu memanfaatkan air sebagai media tanam. Dengan menggunakan metode ini, proses penanaman bisa dilakukan dimana saja, tidak membutuhkan tempat yang luas atau tanah yang subur, selain itu waktu panen tanaman dapat lebih cepat, sehingga hasil panennya juga diharapkan lebih banyak. Direktur Green house hidroponik, H. Hasan, berharap hasil panen dari green house ini dapat dijual untuk memenuhi kebutuhan pasar di Lombok Utara dan Kawasan Tiga Gili. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian pesantren dan warga sekitar.

Share:


Share to Facebook